Tanpa Rasa Takut Kesetrum & Korsleting Di Rumah Dengan Menggunakan Produk Schneider Electric - Black Girl

Tanpa Rasa Takut Kesetrum & Korsleting Di Rumah Dengan Menggunakan Produk Schneider Electric

by - Oktober 07, 2024

Jadi flashback 25 tahun yang lalu di rumah mama terjadi kebakaran akibat korsleting listrik dan berimbas fatal bagi warganya. Aku paling takut dengan Stop kontak, Sakelar ataupun MCB karena memiliki pengalaman kejadian kebakaran dengan menggunakan sakelar yang jelek. Dari kejadian tersebut aku lebih aware dalam memilih alat-alat listrik agar hidup tenang, rumah nyaman. Pengalaman aku pas beli rumah 4 tahun yang lalu bukan hanya diliat dari segi bangunannya tetapi banyak faktor ketika membeli rumah salah satunya aliran listrik dan aliran air yang baik. Kalo saya pas melihat rumah desain interiornya yang estetik tetapi suami berbeda pas diliat awal beli rumah aliran lisitriknya yang baik mulai dari sakelarnya sampai MCBnya. Ternyata betapa pentingnya memperhatikan listrik maksimal 3 bulan sekali aku baru tau pas mengikuti Talkshow bersama Schneider Electric dengan tema "Innovation Talk: Rumah Nyaman, Listrik Aman, yang dimana betapa pentingnya proteksi kelistrikan di hunian, memastikan rumah yang dirancang dengan indah tetap aman dari potensi bahaya seperti sengatan listrik, korsleting, lonjakan arus, dan risiko kebakaran. 

Dalam Talkshow tersebut menghadirkan beberapa pembicara antara lain : 

- M. Farhan Lucky selaku Schneider Electric Indonesia Business Vice President, Home and Distribution Schneider Electric Indonesia.

- Ranu Scarvia Ria Fitri selaku Ketua Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) DKI Jakarta.

- Ka Nana Mirdad dan Andrew White selaku Home Owner. 

Dalam Talkhsow ini mengajak pemilik dan calon pemilik rumah untuk mendefinisikan ulang konsep 'rumah ideal' yang menekankan pentingnya menyatukan aspek estetika, keamanan dan kenyamanan dalam satu kesatuan desain yang harmonis. 

Scheinder Electric merupakan pemimpin teknologi industri global yang membawa keahlian unggul dalam elektrifikasi, otomatisasi dan digitalisasi ke smart industries, infrastruktur tangguh, pusat data masa depan, bangunan intelligent dan rumah-rumah yang intuitif. Yang dimana dapat meningkatkan efisiensi energi untuk solusi di rumah, gedung dan industri. Yang paling dicari yaitu Sakelar dan panel listrik yang dirancang untuk keamanan dan mudah digunakan. 

Bapak M. Farhan memaparkan sering terjadi kebakaran akibat instalasi listrik yang tidak baik, ini pun fakta terjadi kebakaran di rumah mama akibat instalasi listrik karena pemiliknya yang tidak pernah memperhatikannya. Menurut Dinas Penangguangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta (Gulkarmat) bahwa 30% kasus kebakaran di Jakarta terjadi pada bangunan, dan 50% kebakaran terjadi akibat listrik. Dalam hal ini masyarakat perlu adanya edukasi untuk menciptakan rumah yang aman dan nyaman dengan memperhatikan listrik agar tidak terjadi bahaya kelistrikan seperti korsleting, kesetrum, sampai kebakaran. Masyarakat pada umumnya hanya mengetahui proteksi kelistrikan hanya MCB (Miniature Circuit Breaker) tetapi bukan hanya itu aja karena MCB digunakan sebagai proteksi beban lebih dari korsleting listrik. Perlu adanya menjadwalkan pemeriksaan beban listrik secara rutin demi menjaga keamanan di rumah, terutama di tengah perkembangan teknologi yang terus meningkat. "ujar Farhan. 

Memiliki rumah bukan hanya indah aja tetapi harus #RumahNyamanListrikAman yang dikatakan oleh pasangan Kak Nana Mirdad dan Andrew White

Pasangan selebriti ini kadang bikin ngiri termasuk saya karena kekompakannya bukan hanya mengurus anak-anaknya aja tetapi dalam mendesain rumahnya yang indah dan estetik. Aku juga sering melihat aktivitas mereka di dalam rumah mulai dari memasak, menonton sampai hanya mengobrol di ruang tamu bersama anak-anaknya. Mereka juga memaparkan mendesain rumah untuk kenyamanan anak-anaknya selalu kangen dengan rumah oleh karena itu mereka pun kompak memberikan keamanan dan kenyamanan di rumah. Kenyamanan dalam rumah itu penting banget terutama hal kecil yang sering diabaikan yaitu masalah listrik, yang dimana kadang anggap sepele mengenai sakelar ternyata dapat bagian dari desain interior yang indah, aman dan nyaman. 

Sakelar AvatarOn dari Schneider Electric cover sakelar dapat diganti desain dan warna sesuai keinginan kita. Untuk bongkar pasangnya pun mudah dan simpel tanpa rasa khawatir kesetrum atau korsleting, jadi kepikiran untuk menggunakan Sakelar AvatarOn dirumah supaya lebih indah dipandang hehehe. AvatarOn ini sudah dilengkapi teknologi dan keamanan dengan Slim Rocker, Sure Click yang dapat meminimalisir risijo percikan api serta pencahayaan LED lembut yang berfungsi sebagai locator saat gelap. 

Zaman Digital dan sudah maju ini listrik merupakan yang penting banget dalam kehidupan sehari-hari, kalo mati lampu aja langsung panik karena gelap dan gerah. Aku hadir dalam di eventnya Innovation Talk kemarin banyak insight dan informasi yang berfaedah banget terutama masalah bahaya kelistrikan. 

Schneider Electric memiliki proteksi kelistrikan yaitu :

- MCB (Miniature Circuit Breaker) yang merupakan perangkat untuk melindungi instalasi listrik di rumah. Berfungsi sebagai pemutus arus otomatis yang melindungi dari bahaya korsleting dan beban listrik berlebih.

- RCCB/ELCB yang merupakan perangkat pelindung listrik yang dirancang untuk melindungi rumah dari risiko arus bocor. 

- RCBO (Residual Current Circuit Breaker with Overcurrent Protection) merupakan gabungan dari MCB dan RCCB yang dapat memberikan perlindungan ganda RCBO. 

- SPD (Surge Protective Device) SPD dari Schneider Electric ini bekerja dengan cara menahan kelebihan arus dan menyalurkan ke tanah sebelum mencapai peralatan elektronik di rumah. 

Ada juga dari Schneider Electric untuk pengisian daya kendaraan listrik dimana kita bisa memantau dan mengendalikan pengisian daya melalui aplikasi jadi lebih efisien tanpa ribet harus cek cukup aplikasi aja. Pas mengikuti talkshow ini langsung diskusi sama suami buat pasang Sakelar dan panel listrik dari Schneider Electric, kalo kalian gimana? Yang pengen beli langsung aja ke distributor resminya. 


You May Also Like

12 komentar

  1. Sakelar dan panel listrik dari Schneider Electric canggih dan aman ya maulah buat rekomendasi instalasi listrik di rumah buat ke depanny nih

    BalasHapus
  2. Sistem kelistrikan emang krusial banget ya kak, jangan sampai rumah udah nyaman tapi kelistrikan belum aman

    BalasHapus
  3. Aku paling suka nih kalo belanja keperluan listrik pasti pilih Schneider karena selain aman juga estetik banget bikin rumah jd nyaman

    BalasHapus
  4. Aku naksir banget sama saklarnya, pengen pasang deh di rumah. Karena ngga sekadar estetik tapi keamanannya udah ngga perlu diragukan lagi. Soal listrik, emang emak-emak kudu paham jugaa yaa

    BalasHapus
  5. Tapi bener lho, saklar Avatar On bikin interior rumah makin estetik dan makin homey rasanya 😍

    BalasHapus
  6. Keknya beberapa tahun lalu udah ada produk ini, atau ada modifikasinya kak? Kereeeen

    BalasHapus
  7. Setujuuu...mesti peduli dan hati-hati tentang kelistrikan di hunian.
    Kita mesti memastikan rumah yang dirancang dengan indah tetap aman dari potensi bahaya seperti sengatan listrik, korsleting, lonjakan arus, dan risiko kebakaran.

    BalasHapus
  8. Beneran deh untuk urusan kelistrikan emang wajib banget dipastikan aman, penggunaan komponen listriknya pun harus yang berkualitas seperti Schneider

    BalasHapus
  9. Bener bgt mbak. Dulu rumah nenekku dua2nya juga kebakaran. Jadi anak2nya lebih aware sama listrik. Dikit2 pasti udah panggil tukang kalo rusak.

    BalasHapus
  10. Insight baru nih, ternyata alat proteksi listrik itu nggak cuma MCB namun banyak jenisnya ya mbak. Memang serem kalau urusan sama listrik, apalagi di rumah pernah mengalami mati listrik dan korslet gara-gara salurannya melewati sarang semut

    BalasHapus
  11. Biasanya karena trauma jadi lebih memperhatikan jugaa yaa mbak. Buat yang baca atau yang denger dari pengalaman kayak gini juga bisa jadi aware juga nih. Bener deh milih peralatan listrik, apalagi instalasi listrik di rumah bener harus dipikirkan sedetail itu, supaya memastikan rumah aman dari bahaya kebakaran.

    BalasHapus
  12. Aku juga senang banget bisa tahu informasi ini
    Jadi gak bakal kesetrum lai karena desainnya elegan
    Rumah pun jadi estetik dan aman
    Senang pastinya

    BalasHapus